Skip to main content

Jepang - Kawagoe, the Little Edo

Mumpung agak lengang, mau lanjutin cerita kemarin sempet mampir ke Kawagoe di Jepang.

Kawagoe, adanya di distrik Saitama. Kalau dari pusat Tokyo sih bisa naik kereta local biasa dari jalur Shinjuku, dan ngga terlalu jauh, sekitar 45 menit aja.
Pertama kali tau kota ini, justru dari acara reality show Korea yang kebetulan lagi syuting di sana. Menarik soalnya, Kawagoe dikenal sebagai little Edo, karena masih banyak bangunan tua peninggalan jaman Edo.

Keluar stasiun Kawagoe sih kita ngga langsung bisa lihat deretan bangunan tua itu. Kira2 harus jalan kaki dulu sejauh 1 Km-an ngelewatin kawasan toko2 yg lebih modern.
Sempet mampir makan siang dulu di resto seafood yg untungnya makanannya enak semua. hoho..


Kawasan Kota Tua nya dimulai sejak kita ngelewatin jalan penuh umbul2 ikan Koi yg disebut Koinobori. Koinobori biasanya mulai ramai jadi dekorasi jalanan kota di awal bulan Mei karena emang sengaja dipasang pas perayaan Hari Anak tiap tanggal 5 Mei di Jepang. 



buat saya yg anak arsitektur murtad, hehehe, jalan2 di kota tua begini ada sensasinya sendiri. Jadi lebih kenal sejarah dan bentuk2 bangunan jadul sebelum diubah jadi Jepang yg modern seperti jaman now. Agak kurang nyamannya sih karena jalan ini belum bebas kendaraan. Jadi berkali-kali harus ngalah sama mobil dan bus yg lewat2.

Iseng2 kita pun mampir di kuil dan kalau bayar 100 yen bisa ambil kertas ramalan buat seru2an aja. Hahaha.. ada yg ramalannya mepet, tp ada juga yg ngga cocok. 





Lanjut jalan lagi, di Kurazukuri Street atau Warehouse District area, kita bisa nemuin toko makanan khas Kawagoe. Yg paling banyak dijual di sana itu Dango dan Soft Ice Cream macam2 rasa, dari Taro, Ubi kuning, sampai cobain yg rasa kecap Shoyu. Rasa Shoyu itu yg lumayan nyetrik sih buat gw. 




Nah di daerah Kurazukuri ini juga ada Bell Tower yg cukup beken. Cuma kemarin saya aja ngga nyadar ada menara itu karena emang penampakannya biasa aja sih di jalan. 


Lucunya, tempat yang paling rame justru gerai kopi Starbu*ks. Interior nya ala zen gitu dan ada taman kecilnya di belakang. Saya kira kemarin ada minuman khusus atau tumbler khusus sana gitu yang bikin rame didatengin orang lokal nya. 

Ternyata.. ngga ada apa2 sih. Orang lokal justru tertarik ke sana karena emang mau lihat bangunannya aja. Berhubung penuh banget, ngga sempet foto2 juga tp bisa cek disini ya penampakan cafenya gimana. 



Kalau dibandingin sama Kyoto, saya masih lebih cinta vibe nya Kyoto. 
Kawagoe bisa jadi pilihan kalau mau day trip yg ngga terlalu jauh dari Tokyo dan masih terjangkau. 

Dan sebenernya di Saitama ada Railway Museum yg ngga sempet saya datangin karena udah kesorean. Maybe next time ~~ 

Comments

Popular posts from this blog

Jalan-jalan ke Labengki

Belum banyak yg tau, kalau di Sulawesi Tenggara sana ada daerah yg namanya Labengki. Kepulauan ini disebut-sebut jadi Raja Ampatnya Sulawesi. Penasaran dong kalau udah disebut jadi KW1 nya Raja Ampat..

Cuma modal percaya aja sama yg milihin tur liburan kali ini, awal Mei kemarin saya dan 3 temen jadi juga liburan bareng kesana. Agak random sih ini milih temen jalannya, berawal dari rencana saya sama Sarah berdua yg mau main di pantai, terus nambah 1 orang temen sekolah dan 1 lagi temen kuliahnya Sarah.

Yg ngga kita sangka2 adalah ternyata perjalanan menuju kesana puanjaaang banget. Dimulai dari harus ambil flight satu-satunya ke Kendari jam 5 pagi. Berasa zombie deh kurang tidur karena jam 3 pagi udah harus ke bandara (T_T)

Penerbangan ke Kendari harus melewati transit di Makassar dulu. Sekitar 3 jam flight Jakarta-Makassar, terus lanjut ke Kendari. Sekitar jam 10 pagi di Kendari barulah kita mendarat. Dari airport, jemputan dari resort udah siap jemput dan anter ke resort, yg ternya…

Jalan-jalan ke Ho Chi Minh, Vietnam

First trip in 2017..!!

Kali ini  gw berkesempatan buat keliling-keliling sebagian kota Ho Chi Minh, yg lebih di kenal dengan nama Saigon juga.. Agendanya sebenernya untuk meeting sih, tapi karena jadwalnya ngga terlalu padat, jadilah gw bisa nyelipin sedikit waktu buat explore kota. Alhamdulillah juga bos eke ngga demanding buat bareng sepanjang waktu, hehe..

Sebelum berangkat, gw udah sempat browsing dulu, bacain blog orang-orang yg pernah kesana. Kok ya jadi rada deg2an karena banyak yg bilang kurang aman yaa.. Is that true?!

Begitu mendarat di airport Tan Son Nhat, gw buru-buru untuk nukar uang di money changer. Menurut pengalaman beberapa orang sih, lebih bagus untuk tukar uang disana dengan USD dibanding kalau tukar duluan di Jakarta. (USD 1 = VND 22.592, Jan 2017)
Nah counter penukaran uang nya ternyata juga jual SIM card, dan juga bisa booking taxi.
Sekalian deh gw beli kartu lokal sana demi keeksisan sepanjang hari, hahaha.. Soalnya biaya roaming pastinya akan jauh lebih maha…

Lotte Shopping Avenue Jakarta

Rasanya nggak habis-habis ya kemunculan Mall-mall baru di Jakarta. Kali ini giliran Lotte Shopping Avenue alias LOVE yg baru aja grand opening di Jakarta.
Lokasinya di Kuningan, di jalan Casablanca yg konon mau nyaingin keberadaan Orchard Road SG.
Coba kita itung berapa mall disana..

Mall Ambasador
ITC Kuningan
Kuningan City
Kota Kasablanka (ngesot jauhan dikit)
Lotte.

Alamaaakk.... 5 mall dalam satu kawasan yg sama. Hihihi... Puas-puasin deh macet2an disana :p

Oke, kali ini saya mau bahas si LOVE ini aja. Lotte ini sebenernya dalam satu kawasan yg disebut Ciputra World Jakarta. Setelah sakseis Ciputra World hadir di Surabaya, kali ini di Jakarta pun dibangun kawasan mix used building yg sama.. ada hotel, kantor, dan pastinya Mall sebagai pelengkap sarana hiburan.

Katanya sih konsep si Love ini agak beda dari yg lain, karena dari negeri asalnya Korea sono pun, si Lotte lebih terkenal untuk outlet department store nya. Ngga kehitung deh pas disana itu ada beberapa mall yg bernama depa…